Banner

AL-Qur'an

SEBAGAI KETERANGAN YANG NYATA DARI SISI ALLAH


Assalamu'laiqumWr.Wb.
Dengan Nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Sebagaimana yang telah diterangkan kepada kita dengan ayatnya yang firman-Nya:

" Dan kitab (Al Qur'an itu sebagai bukti) keterangan yang nyata (dari sisi Allah). (QS Az Zukhruf:2)

"Bagaimana Allah memberi petunjuk kepada kaum yang mengingkari (Al-qur'an) sesudah mereka beriman, padahal mereka mengakui rasul itu benar, dan dia telah datang kepada mereka dengan (membawa Al-Qur'an sebagai bukti) keterangan yang nyata (dari sisi Allah). Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim. (QS Ali 'imran:86)

Kekuasaan Allah

Dan Tuhanmu Tuhan yang Maha Esa, tidak ada tuhan selai Dia Tuhan yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Sungguh dialah pencipta Langit dan Bumi, dan selisih berganti siang dan malam, dan bahtera yang berlayar di lautan dengan membawa apa yang bermanfaat bagi manusia, air  yang Allah turunkan dari langit, lalu Dia hidupkan bumi sesudah mati, dan di bumi itu Dia sebarkan segala jenis hewan, dan angin serta awan yang di kendalikan antara langit dan bumi,sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kuasa Allah bagi kaum yang berpikir.

Dan diantara manusia yang mengambil sesembahan dari selain Allah yang mereka jadikan itu sebagai sekutu Allah, mereka menciptakanya sebagaimana mereka mencintai Allah. Dan orang-orang yang beriman sangat mencintai Allah, seandainya orang-orang zalim itu mengetahui ketika mereka melihat azab, bahwasanya semua kekuatan milik Allah, dan bahwasanya Allah amat berat siksanya. Maka ketika orang-orang yang diikuti, mereka berlepas diri dari orang-orang yang mengikuti mereka karena mereka melihat azab, orang yang mengikuti mereka berkata : " Aduh seandainya kami dapat kembali ke dunia, maka tentu kami akan berlepas diri dari dari mereka sebagaimana mereka berlepas diri dari kami". Demikian Allah memperlihatkan amal perbuatan mereka yang menjadi sesalan bagi mereka, kali mereka tidak akan dikeluarkan dari neraka. 

Demikian Allah menerangkan kepada kita dengan Ayat-ayatnya yang telah kita baca dalam jilid 14. Bahwasanya Allah Tuhan yang Maha Esa yang tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Maka dari itu janganlah kita mempersamakan Allah dengan sesuatu apabila kita menyeru Tuhan kepada Allah, karena yang demikian itu perbuatan orang-orang musyrik yang mempersamakan Allah dengan sesuatu, yaitu ketika mereka sholat menyeru Tuhan kepada Allah sedangkan rasa hati dan ingatan mereka lurus tercurah kepada sesuatu selain Allah.

Contohnya saja ketika kita mengucapkan : "ROBBANA LAKAL HAMDU" ya Tuhan kami bagi Engkaulah segala puji," 
Sedangkan ketika kita mengucapkannya itu rasa hati dan ingatan kita lurus tercurah kepada sesuatu selain Allah, bukan lurus tercurah kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya. Maka janganlah kita berbuat demikian karena yang berbuat demikian adalah perbuatan orang yang musyrik yang mempersamakan Allah dengan sesuatu.

Padahal kita sering mengucapkan : "Laa ilaaha illallah" Tiada Tuhan selain Allah
Akan tetapi kenapa ketika kita sedang sholat menyuru Tuhan kepada Allah  rasa hati dan ingatan kita lurus tercurah kepadanya sesuatu selain Allah, maka apakah demikian itu kita belum mengenal Allah? padahal kalau kita tanya sesorang, siapa yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantaranya? tentu kita akan menjawab : Allah. Dan demikian itu kita mengingat Allah .





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AL-Qur'an"

Post a Comment