Banner

Manajemen Interaksi pada Sistem Operasi

User dapat menggunakan komputer melalui aplikasi yang ada (terinstal) di komputer. Setiap aplikasi menyediakan interfaces untuk menerima interaksi yang mungkin dari user. Terdapat dua jenis interfaces yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan user, yaitu :

-  Command Line Interfacer (CLI)
Antarmuka baris perintah (command-line interface, CLI) adalah mekanisme interaksi dengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer dengan mengetikkan perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Antarmuka hanya-teks ini merupakan kontras dari penggunaan peranti penunjuk untuk mengeklik pilihan pada antarmuka pengguna grafis (GUI), atau penggunaan menu untuk memilih pilihan pada antarmuka pengguna teks (TUI). Konsep CLI dimulai sewaktu teletypewriter machine (TTY) dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950-an dan terus berkembang bersama dengan sistem GUI seperti Microsoft Windows, Mac OS, dan X Window System. Pada beberapa aplikasi, seperti MATLAB dan AutoCAD, CLI terintegrasi dengan GUI dan mendapat manfaat dari keduanya..

Contoh sistem operasi berbasis teks antara lain Linux, Debian, Linux Suse, Sun Solaris, Linux Mandrake, Knoppix, MacOs, UNIX, Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server.

Kelebihan CLI:
CLI lebih cepat dan ringan dibandingkan GUI

Kekurangan CLI:
Tampilannya kurang menarik bagi pengguna komputer
Tidak mudah digunakan untuk pengolahan gambar seperti edit foto atau video.
Harus mengetahui perintah atau script.





 -  Graphical User Interfaces (GUI)
Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Graphical User Interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.

GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, peranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau peranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.

Contoh: Microsoft Windows, MacOS dan Xwin menggunakan jenis GUI yang berbeda.

Kelebihan GUI:
Mudah digunakan untuk komputer dekstop
Tidak harus mengetahui perintah atau script bahasa pemograman tertentu.

Kelemahan GUI:
Memakan banyak memori dan tugas prosesor sehingga lebih lambat daripada modus teks saja.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Interaksi pada Sistem Operasi"

Post a Comment