Banner

Cara Memasukan DOCS Ke Blog Melalui Google DOCS



Mungkin sobat sekalain ada yang pernah bertanya2 “bagaimana ya caranya mengisi file microsoft excel di blog? jadi seolah2 blog Sobat udah terinstal MS office layaknya komputer sobat” 

pertanyaan yang bagus juga tuh? seharusnya bisa soalnya saya juga pernah lihat hal ini pada websitenya Depkumham kemaren waktu daftar CPNS, dan itu berarti hal itu juga bisa kita lakukan pada blog kesayangan kita, tapi bagaimana caranya ya, dan akhirnya mendapatkan solusi dari google docs

Bagi Sobat yang ingin berbagi file dalam bentuk microsoft word (document) dan microsoft excel (spreadsheet) ataupun microsoft power point (presentation) di blog, maka sobat bisa menggunakan berbagai layanan di internet. Salah satu di antaranya adalah layanan yang di sediakan oleh google yaitu Google docs. Dengan google docs sobat bisa membuat file microsoft office yang saya sebutkan tadi secara online ataupun Sobat juga bisa mengupload file yang sudah jadi alias sudah dilakukankan secara offline dan kemudian ambil kode yang diberikan dan akhirnya Sobat bisa menampilkannya di blog.

Apa kelebihan google docs? dengan google docs anda tidak perlu mempunyai software microsoft office yang harganya sangat mahal dah terinstall di komputer anda, yang anda perlukan adalah online di internet aja. di sini saya tidak perlu menerangkan bagaimana cara membuat file di google docs kerana penggunaannya hampir sama dengan microsoft office. Yang mau saya terangkan adalah bagaimana cara mengupload file yang sudah jadi ke google docs dan menampilkannya di blog anda. Tertarik? Yok kita mulai !

Salah satu syarat untuk menggunakan google docs adalah anda harus mempunyai alamat email di gmail (google account). Jika selama ini account blogger anda menggunakan gmail maka bisa secara langsung login ke google docs. Bagi anda yang baru pertama kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat oleh google. Jika sudah ada account google? kita langsung ke TKP.

Lankah 1 : upload file ke google docs.

1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail Sobat.
2. Pilih dokumen kosong
3. Jika sudah terbuka klik File di pojok kiri lalu pilih Buka (CTRL+O) pilih Upload 
4. Pilih file yang ingin anda uploadkan (word, excel, power point).
5. Klik Upload File yang ada di sebelah bawahnya atau Open
6. Tunggu beberapa saat hingga file anda terupload semuanya (bergantung kepada besarnya file serta kecepatan internet anda).
7. Jika sudah diupload, sobat bisa juga mengeditnya jika mau...
8. Klik tab File lalu pilih publikasikan di web, maka akan keluar pop up publikasikan di web
9. Klik Publikasikan lalu Ok lalu pilih Sematkan maka akan keluar iframe HTML, copykan ke blog anda.

Selesai...

Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.

1. Silahkan login ke blogger dengan ID sobat.
2. Klik Entri Baru.
3. Ketika sobat mau mengisi kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
4. Paste kan kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
5. Klik Tombol Terbitkan Entri.
6. Silahkan lihat hasilnya.

Selesai.


Jika hasil kurang maksimal lihat halaman 2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasukan DOCS Ke Blog Melalui Google DOCS"

Post a Comment