Banner

Cara membuat inputan di terminal Linux



Disini saya menggunakan linux mint dan saya gunakan emulatornya yaitu Virtual Box dan untuk OS yang saya gunakan ya Windows 7, saya menggunakan Virtual Box karena lebih mudah dan tidak perlu menginstal OS saya Windows 7 ke Ubuntu itu pasti sangat merepotkan. Jadi saran saya ya gunakan Virtual box saja jika hanya ingin belajar dasar.

Oke langsung saja copas/ lihat koding di bawah ini, disini saya membuat inputan di terminal linuk dengan menggunakan berbagai perintah dasar seperti printf, function, tput,read dan sebagainya.

#!/bin/bash
clear

function quis() {
printf "Input nilai mahasiswa\n"
printf "======================\n\n"
printf "Nama Mahasiswa   =\n" nama
printf "Nim Mahasiswa      =\n" nim
printf "Nilai Quiz               =\n" kuis
printf "Nilai Uts                 =\n" uts
printf "Nilai Uas                =\n" uas
tput cup 3 25
read nama
tput cup 4 25
read nim
tput cup 5 25
read kuis
tput cup 6 25
read uts
tput cup 7 25
read uas

hasil=$((($kuis+$uts+$uas)/3))
echo "Nilai Akhir      =$hasil"
read -p "Ingin input Nilai lagi? (y/n)" ulang
if [ $ulang == 'y' ]; then
clear
quis;
fi
}
quis;



Gunakan Ctrl + O untuk Save lalu Enter dan Ctrl + X untuk keluar dari pengeditan. Setelah itu ketikan chmod 755 'nama file'    -(tidak pakai tanda petik)- lalu jalankan dengan mengetikan perintah ./'nama file' -(tidak pakai tanda petik)-.


Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat inputan di terminal Linux"

Post a Comment